Berbagi Kebahagiaan Menebar Inspirasi

Surabaya, 17 Januari 2014 menjadi hari yang penuh hikmah karena pada hari itu untuk pertama kalinya saya merayakan ulang tahun yang pertama Inspiring Youth Educators. Kegiatan ini bernama #whatson17 yang bisa dirasakan bersama kebahagiaan kita bersama adik-adik dari Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta. Tema untuk kegiatan ini adalah “Berbagi Kebahagiaan Menebar Inspirasi” dengan harapan antara IYE dan adik-adik YPAB bisa saling menginspirasi dan bisa berbagi kebahagiaan satu sama lain dalam satu kegiatan tersebut.

            Dalam kegiatan ini teman2 IYE menyiapkan beberapa games outbond yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan. Adapun potong tumpeng sebagai simbolis untuk merayakan 1 tahunnya IYE dan selesainya simbolis tersebut IYE – Adik-adik YPAB – Wali Murid dan – Guru YPAB ikut makan bersama. Cerita ini dimulai dari sebuah games bernama “Lomba Kelereng”. Sebuah permainan yang mulai sedikit ditinggalkan saat lomba agustusan dikarenakan perkembangan zaman. Peraturan lomba kelereng pun masih sama, yaitu tidak boleh menjatuhkan kelereng, saat kelereng yg di atas sendok itu jatuh sang pemain akan mengulangi dari stage yang sudah ditentukan panitia. Naah, untuk lintasannya dibuat berbeda dari pada yang lain, tidak ada lintasan lurus yang ada hanyalan lintasan berkelok-kelok disertai halang rintang (untuk melewatinya, peserta harus melompati tali dengan tinggi sekitar 45cm).

Sedikit cerita tentang games Lomba Kelereng, instruksi yang diucapkan dari para pendamping kelompok ini beragam dan unik. Contoh :

“yuk, stop yuk. Serong kiri grak. Maju 3 langkah, 1 2 3. STOP”

“yuk, jalan yuk sayang. Terus teruus teruuss. STOP. Angkat kakinya” karena saking semangatnya, akhirnya kaki pendamping pun ikut diangkat seolah-olah mengikuti permainannya. Ada juga yang saking semangatnya, mengangkat kaki peserta (adik-adik YPAB) untuk melewati tali.

Kelompok pun sudah terbagi sejak awal, game selanjutnya yaitu PINDAH POS. Dalam games PINDAH POS ini terbagi lagi menjadi 5 pos yang dimasing-masing pos nya juga gak kalah serunya. Inilah pembagian pos yang sudah dibuat oleh IYE untuk #whatson17.

||  POS 1 : CERDAS CERMAT  ||  POS 2 : BACA BRAILLE  ||  POS 3 : TES INDRA  ||  POS 4 : KOMUNIKATA  ||  POS 5 : RANGKAI KALIMAT  ||

Setiap pos itu mempunyai keunikannya sendiri-sendiri dengan segudang cerita yang penuh canda tawa, decak kagum dan inspiratif. Dimulai dari POS 1 : CERDAS CERMAT, terbagi dalam dua babak, babak I multiple choice dan babak kedua soal dekte yang kedua babak ini diharapkan saling berebut menjawab. Naah, keseruannya adalah salah satu tim itu langsung teriak tanpa berfikir jawaban yang diberikan sama MC POS 1. Maka, banyak dari mereka yang ketika ditunjuk (karena sudah angkat tangan terlebih dahulu) dia tidak tau jawabannya apa. “Apakah kepanjangan dari BPJS?” tanya wahid (penjaga POS1). Kel. A dan B sama2 teriak “Saya, saya, saya saya”. Yap, kelompok A silahkan menjawab “eeeemm.. (tik tok tik tok)” habiisss. Antusiasme yang sangat bagus meskipun dia tidak tau jawabannya.

Sebelum diadakannya kegiatan ini, para calon pendamping disuruh untuk menghafalkan huruf braille dan tepatnya sekarang inilah ujiannya. Sesampainya di POS 2, para pendamping kelompok (dalam hal ini volunteer #IYEsby Angkatan II) membaca huruf braille secara langsung dihadapkan oleh kertas braille dengan cetakan braille nya. Agak terbata-bata memang, namun SEMUA KELOMPOK BERHASIL MENEBAK CLUE nya. TIDAK ADA SATUPUN YANG GAGAL. KALIAN KEREN !!

Dilanjut lagi ke POS 3 : TES INDERA, disini juga gak kalah seru. Ada 3 indra yang akan di tes yaitu penciuman, perasa dan peraba. Masih aja ada yg salah dalam penyebutan perasa, dari crew memberinya perasa *blimbing wuluh* diperaslah blimbing wuluh tersebut kemudian dirasakan oleh peserta dan dinyatakan seperti buah “jeruk nipis”. Clue disini adalah pendidikan. Dilanjut ke POS 4 yaitu komunikata, disini peserta diberikan kalimat “Kita berada di jajaran zamrud katulistiwa” disampaikan dari orang belakang hingga kedepan dan disuarakan dengan lantang oleh orang yg paling depan. Setelah dinyatakan benar, peserta berdiskusi untuk menjawab clue dr kalimat tsb dan terjawablah sudah “indonesia”

Pos terakhir yaitu POS ke-5, merangkai clue di setiap pos dari pos 1 hingga pos 4 untuk menjadi sebuah kalimat inspiratif. Clue dari pos 1 (inspiras), clue pos 2 (pemuda), clue pos 3 (pendidikan) dan clue pos 4 (indonesia. Dirangkailan sebuah kalimat tersebut, inilah salah satu kalimat inspiratifnya “Pemuda-pemudi Indonesia yang berpendidikan menjadi inspirasi dunia

Acara pun menjelang sore kemudian kita lanjutkan untuk melepas rasa lelah dengan makan tumpengan yang sudah disiapkan oleh panitia. Sebelum kita makan, alangkah lebih baiknya kalau kita berdoa untuk kemajuan komunitas IYE, YPAB dan masing2 orang yang ada di dalam acara tersebut.

Leave a Comment





Site powered by Revoluzio. Managed by Jagoanhosting